Selasa, 13 Agustus 2013

Belajar Visual Basic .NET Bagi Pemula

Capung mau berbagi ilmu nih... Dulu aku menggunakan VB 6.0 untuk membuat program, tapi itu sudah ketinggalan zaman. Sekarang sudah ada VB.NET yang mempunyai vitur-vitur canggih. VB 6 dan VB.Net memang tidak jauh beda tampilannya, tapi kadang membingungkan kita daat menjalankannya. Waktu aku search di om Google bagaimana belajar VB.Net bagi pemula aku kesusahan mencari cara menjalankan VB.Net. Sekarang aku menemukan sumbernya, Yuk kita belajar bareng. Aku menyalin caranya, sekalian belajar dan kalian bisa melihat salinannya. Okeh kita mulai dari pengenalan VB.Net.

VB.Net memiliki beberapa versi, salah satunya VB.Net 2008. VB.Net 2008 memiliki tampilan seperti ini.



Atau yang satu ini, untuk pengguna VB.NET 2010.



Jika Kamu memiliki VB NET 2012, layar pembuka akan terlihat seperti ini:



Pada dasarnya, di halaman utama kamu dapat memulai proyek baru, atau membuka yang sudah ada. Tab pertama, pilih Projects. Saat ini, wilayah berlabel "Open an Existing Project" masih kosong. Halaman Ini yang akan Kamu lihat ketika Kamu menjalankan VB untuk pertama kalinya (karena Kamu belum pernah membuat Projects). Ketika Kamu membuat sebuah Projects  Nama Kamu akan ditampilkan di halaman ini, sebagai hyperlink. Mengklik link ini akan membuka Projects yang kamu buat.

Di bagian bawah ini, terdapat dua tombol: "New Project" dan "Open Project". Untuk memulai, klik tombol "New Project". Kemudian, Kamu akan melihat kotak dialog ini muncul dalam versi 2008:

Start a New Project dialogue box, Visual Studio Express 2008

Atau seperti dibawah ini untuk versi 2010:

New Project dialogue box in Visual Studio 2010

Bisa kamu lihat seperti ini untuk versi 2012.

The New Project dialogue box in Visual Studio Express 2012

Sebagai pemula, Kamu bisa memilih opsi: "Windows Application", dalam folder "Visual Basic Projects". Kemudian Kamu akan merancang sebuah program untuk dijalankan pada komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows.

Jika Kamu melihat Name textbox di bagian bawah, Kamu akan melihat tulisan "WindowsApplication1". Ini adalah nama default untuk Projects Kamu. Ini bukan ide yang baik untuk menggunakan nama ini terus menerus. Kamu tidak ingin semua Projects Kamu untuk dipanggil "WindowsApplication1", "WindowsApplication2", dll Jadi klik di dalam textbox dan mengubah nama tersebut dengan berikut:

My First Project
Buat Lokasi yang sama sebagai default. Buka folder "My Documents", kemudian buat folder bernama "Studio Proyek Visual". Sebuah folder baru akan dibuat untuk Kamu, dan namanya akan menjadi salah satu yang Kamu ketik dalam textbox. Semua file Kamu untuk Projects pertama kemudian disimpan dalam folder ini.

Klik tombol OK, dan form desain Visual Basic .NET akan terbuka. Form akan terlihat seperti berikut (versi 2008):



atau di versi 2010 :



Form disain VB.Net versi 2012:



Ini adalah bagian yang sangat menyulitkan untuk memulai membuat software, hei? jangan khawatir. Capung dan The Gang akan memecahnya sedikit demi sedikit dalam beberapa bagian, dan dengan segera Kamu akan bisa menjalankan VB.Net dengan mudah!



Pelajaran Selanjutnya:

>> Membuat Form Visual Basic .NET




Sumber : www.homeandlearn.co.uk

4 komentar:

  1. terimakasih untuk tulisan dan tutorial belajar vb sangat bermanfaat seklai.

    BalasHapus
  2. halo mau tanya visual basic 2010 dan visual studi express 2013 itu apa pada dasarnya sama yaitu vb.net?
    saya mau beli buku tutorial visual basic 2010 (kebetulan banyak yang bagus),cuman saya baru saja install visual studio express 2013 , mau pastikan saja sebelum beli bukunya..apa vb nya itu sama

    terima kasih bila sudah dijawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya Visual Studio Express (VS) 2013 sudah sepaket sama dengan bahasa pemrograman Visual basic (VB) 2010, visual c++ 2010, visual c# 2010, sama ASP. (paket lengkap), kalau VB 2010 bisanya cuman bahasa pemrograman VB doank, tapi kalau cuman untuk membuat program VB saja lebih baik agan nginstal VB 2010 saja soalnya kalau Visual Studio (VS) akan banyak memakan kapasitas hardisk atau memori agan.

      Hapus