Selasa, 13 Agustus 2013

Membuat Form Visual Basic .NET

Sewaktu mendisain form Visual Basic.Net, hal pertama yang harus berkonsentrasi pada bagian yang tidak dikenal, persegi besar di kiri atas. Itulah yang disebut form. Bagian yang lain akan kita lihat ketika memulai mendisain form. Memang, tidak terlihat terlalu menarik pada saat ini, tetapi kamu akan segera menemukan cara untuk mendisainnya ke bentuk yang lebih bagus.

Untuk menjalankan form, ikuti cara sebagai berikut:


  1. Dari form menu, klik Debug
  2. Dari menu drop-down, klik Start
  3. Atau, tekan tombol F5 pada keyboard Kamu
  4. Program Kamu akan ditampilkan

Selamat! kamu sekarang telah menciptakan program Kamu yang pertama. Seharusnya terlihat seperti ini:

A VB NET Form Running as a Programme

Klik Red X pada form (kanan atas warna merah) untuk menghentikannya dari running. Kemudian akan dikembalikan ke halaman semula.

Jika Kamu melihat di bagian bawah ini, kamu akan melihat output Jendela dalam versi 2012 dari VB.Net:

The Output window in Visual Studio Express 2012

Kamu bisa menghilangkan ini dengan mengklik pin atau silang di sisi kanan:

Close the Output window

Jika kamu membandingkan bentuk ketika kamu membuat sebuah project baru dengan satu di atas form ketika berjalan, Kamu akan melihat form terlihat sangat mirip. Tapi form diatas sebenarnya adalah program nyata.

Jadi apa yang terjadi? Mengapa dua pandangan yang berbeda? Nah, Visual Basic memiliki dua halaman yang berbeda, halaman Desain dan halaman Debug. Sewaktu mendesain adalah di mana kamu bisa bermain-main dengan bentuk, merapikan form, tambahkan teks, dan tombol, dan label (kode, tentu saja), Debug adalah di mana kamu dapat menguji program kamu dan melihat seberapa baik menjalankann

Tapi jangan khawatir tentang terminologi, untuk saat ini ada proses dua langkah untuk pemrograman VB: merancang dan debugging.

Jadi, mari kita dan melakukan beberapa desain! Sebelum kita dapat mulai merancang form, meskipun, kita perlu beberapa alat. Dan di mana alat disimpan? Dalam kotak peralatan!

Klik di bawah ini untuk pelajaran berikutnya.

>> Menambahkan Kontrol Menggunakan Toolbox di VB.Net


Sumber : www.homeandlearn.co.uk

0 komentar:

Posting Komentar