Selasa, 13 Agustus 2013

Menambahkan Kontrol Menggunakan Toolbox di VB.Net

Hal-hal seperti tombol, teks, dan label adalah segala sesuatu yang dapat kamu tambahkan ke form kamu. Yang dikenal sebagai Kontrol, dan disimpan dalam Toolbox untuk kemudahan penggunaan.

Toolbox dapat ditemukan di sebelah kiri layar. Pada gambar di bawah ini, kamu dapat melihat ikon toolbox sebelah Form1 (VB Net 2008):

The Visual Basic .NET Toolbox

VB Net 2010:

The toolbox in VB NET 2010 Express

VB NET 2012:

VB NET 2012 toolbox

Untuk menampilkan semua Tool, gerakkan mouse kamu ke atas ikon toolbox. Kamu akan melihat secara otomatis muncul (versi 2012 terlihat mirip dengan yang di sebelah kanan, di bawah):

ToolBox Categories  The toolbox in VB NET 2010

Ada tujuh kategori alat yang tersedia. Toolbox kamu akan bekerja yang pertama adalah Kontrol toolbox umum. Untuk melihat alat, klik pada simbol plus di sebelah Common Controls. Kamu akan melihat daftar tool:

Common Controls in the VB ToolBox

Seperti yang kamu lihat, ada banyak sekali tool untuk yang mau digunakan! Untuk bagian pertama ini, kita hanya akan menggunakan Button, TextBox dan Label.

Jika kamu ingin menyimpan/menghilangkan daftar toolbox, klik ikon Pin "X". Untuk menutup toolbox, cukup gerakkan mouse kamu. Atau cukup klik tombol/tulisan Toolbox lagi (dalam versi 2012).

Pada bagian berikutnya, kita akan melihat bagaimana cara menambahkan textbox ke form.

>> Menambahkan Tool (Control) ke Form di VB.Net


Sumber : www.homeandlearn.co.uk

6 komentar: