Rabu, 25 Maret 2015

XAMPP Tutorial

Cara Menggunakan XAMPP untuk menjalankan Web Server Sendiri.

XAMPP singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P).

Distribusi Apache ringan yang membuatnya sangat mudah bagi pengembang untuk membuat server web lokal untuk tujuan pengujian. Semua yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah web server - server aplikasi (Apache), database (MySQL), dan bahasa scripting (PHP) - termasuk dalam file diekstrak sederhana. XAMPP juga cross-platform, yang berarti bekerja sama dengan baik di Linux, Mac dan Windows. Karena sebagian besar penyebaran web server yang sebenarnya menggunakan komponen yang sama seperti XAMPP, itu membuat transisi dari server tes lokal ke server online sangat mudah. Pengembangan web menggunakan XAMPP terutama pemula sangat mudah menjalankannya.

Apa yang Termasuk dalam XAMPP?

XAMPP memiliki empat komponen utama. Ini adalah:
  1. Apache: Apache adalah server aplikasi web yang sebenarnya yang memproses dan memberikan konten web ke komputer. Apache adalah web server yang paling populer online, powering hampir 54% dari semua situs web.

  2. MySQL: Setiap aplikasi web, bagaimanapun sederhana atau rumit, memerlukan database untuk menyimpan data yang dikumpulkan. MySQL yang open source adalah sistem manajemen database yang paling populer di dunia. Segala sesuatu dari situs hobi ke platform profesional seperti WordPress. 

  3. PHP: PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Ini adalah server-side scripting bahasa yang digunakan beberapa situs yang paling populer di dunia, termasuk WordPress dan Facebook. Ini adalah open source, relatif mudah untuk belajar, dan bekerja sempurna dengan MySQL menjadikannya pilihan populer bagi para pengembang web.

  4. Perl: Perl adalah tingkat tinggi, bahasa pemrograman dinamis yang digunakan secara luas dalam pemrograman jaringan, sistem admin, dll Meskipun kurang populer untuk tujuan pengembangan web, Perl memiliki banyak aplikasi niche.

Versi berbeda dari XAMPP mungkin memiliki komponen tambahan seperti phpMyAdmin, OpenSSL, dan lain-lain untuk membuat server web penuh.


Bagaimana Cara Menginstal XAMPP?

[Catatan: Untuk tujuan tutorial XAMPP ini, kami akan menganggap bahwa Anda menggunakan PC Windows, meskipun petunjuk ini bekerja sama dengan baik untuk komputer Mac. Pengguna Linux, bagaimanapun, harus mengacu pada panduan instalasi XAMPP Linux resmi.]

Download XAMPP untuk homepage Windows pada ApacheFriends.org. Di sini, Anda akan menemukan beberapa versi XAMPP.


Download XAMPP

Men-download XAMPP
XAMPP tersedia dalam tiga format file:
  1. EXE - File Self-eksekusi; termudah untuk menginstal.

  2. .7z - File 7zip. Disukai oleh puritan, meskipun memerlukan bekerja dengan file bat lebih rumit untuk menginstal.

  3. ZIP - Compressed file zip. Seperti .7z, menginstal melalui file ZIP jauh lebih sulit daripada menggunakan EXE
EXE adalah yang paling mudah untuk menginstal, kita akan menggunakan format file ini untuk tutorial ini.

Anda dapat men-download installer XAMPP dari Sourceforge sini (102MB).


Instalasi XAMPP

Ikuti langkah-langkah untuk menginstal XAMPP:

Langkah 1: Nonaktifkan anti-virus Anda karena dapat menyebabkan beberapa komponen XAMPP tidak mau terinstal.

Langkah 2: Mulai proses instalasi dengan mengklik dua kali pada installer XAMPP. Klik 'Next' setelah splash screen.


Langkah 3: Di sini, Anda dapat memilih komponen yang ingin Anda instal. Pilih pilihan default dan klik 'Next'.


Langkah 4:. Pilih folder yang ingin menginstal XAMPP di folder ini akan menampung semua file aplikasi web Anda, jadi pastikan untuk memilih drive yang memiliki banyak ruang.


Langkah 5: Layar berikutnya adalah promo untuk BitNami, sebuah toko aplikasi untuk perangkat lunak server. Hapus kotak centang 'Learn more about BitNami for XAMPP', kecuali jika Anda benar-benar menerima mail promo!


Langkah 6: Setup sekarang siap untuk menginstal XAMPP. Klik Next dan tunggu installer untuk membongkar dan memasang komponen yang dipilih. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit. Anda mungkin diminta untuk menyetujui akses Firewall untuk komponen tertentu (seperti Apache) selama proses instalasi.

Langkah 7: Instalasi sekarang lengkap! Pilih Kotak centang 'Do you want to start the Control Panel now?' untuk membuka panel kontrol XAMPP.


Memahami XAMPP Control Panel

Berikut ini adalah gambaran singkat dari Control Panel. Untuk saat ini, Anda hanya perlu tahu bagaimana untuk memulai dan menghentikan server Apache.


Testing Instalasi XAMPP Anda

Ikuti langkah-langkah untuk menguji instalasi XAMPP Anda dengan menampilkan web server Apache dan membuat file PHP sederhana.

Langkah 1: Di panel kontrol XAMPP, klik 'Start' di bawah 'Actions' untuk modul Apache. Hal ini menginstruksikan XAMPP untuk memulai webserver Apache.

Langkah 2: Buka browser web Anda dan ketik: http://localhost atau 127.0.0.1

Langkah 3: Pilih bahasa Anda dari splash screen.


Langkah 4: Anda akan melihat layar berikut. Ini berarti Anda telah berhasil menginstal XAMPP di komputer Anda.


Langkah 5: Sekarang kita akan menguji apakah XAMPP telah terinstal PHP berhasil. Untuk melakukan hal ini, buka Notepad dan ketik berikut ke dalam dokumen baru:

<?php
   echo ‘Hello world';
?>

Simpan file ini sebagai 'test.php' di c:\ xampp \ htdocs \ (atau direktori dimana kamu menginstal XAMPP).

Langkah 6: ketikkan di browser web kamu 'http://localhost / test.php'. Kamu akan melihat tulisan "Hello World" :

Selamat! Anda sekarang telah berhasil menginstal XAMPP dan bahkan menulis program PHP pertama Anda. Anda sekarang dapat menggunakan webserver Apache lokal Anda untuk membuat dan menguji kompleks aplikasi PHP web, bermain dengan MySQL dan bahkan belajar bagaimana sebenarnya web server bekerja dengan Tomcat, FileZilla, OpenSSL, dan banyak lagi.  

Seperti biasa, saya akan senang mendengar pendapat dari Anda, dan opini tentang pengembangan web menggunakan XAMPP di komentar di bawah!




Sumber: blog.udemy.com

0 komentar:

Posting Komentar