Jumat, 13 Desember 2013

Kategori Joomla

Cara Membuat dan Mengelola Kategori di Joomla 3

Di Joomla 3 memiliki Categories. Setiap kali kamu membuat sebuah artikel atau jenis konten yang lain kamu dapat menetapkan ke sebuah kategori. Kategori dapat memberikan kamu lebih banyak pilihan untuk penataan konten kamu. Misalnya kamu dapat mengelompokkan barang dalam satu kategori dan membuat halaman yang menampilkan intro dari semua artikel.


Bagaimana mengelola kategori Artikel?

Kategori untuk artikel diciptakan untuk memungkinkan kamu untuk mengelompokkan konten kamu lebih baik. Jika kamu memiliki berbagai jenis halaman di situs kamu, atau kamu menulis tentang topik yang berbeda, Kamu harus menambahkan artikel Categories ke grup konten kamu. Kategori artikel dapat dikelola melalui Manajer Content. Untuk menambah kategori baru klik di Content -> Category Manager -> Add New Category.


Kategori tidak memiliki banyak properti. Jika kamu berencana untuk memiliki banyak kategori, kamu dapat menulis deskripsi singkat tentang masing-masing dari artikel dalam rangka untuk menghindari kesalahan ketika kamu menambahkan artikel. Namun, menambahkan deskripsi tidak wajib, sehingga kamu hanya dapat menambahkan Judul untuk kategori kamu dan tekan tombol hijau Save.


That's it. Now, ketika kamu menambahkan artikel baru ke situs web kamu, kamu dapat memilih kategori kategori yang baru dibuat.



Bagaimana mengelola kategori Komponen?

Banyak komponen Joomla 3 yang memanfaatkan penggunaan kategori. Misalnya, kamu dapat mengatur feed kamu ditampilkan di website kamu dalam kategori yang berbeda.


Satu-satunya perbedaan antara artikel dan komponen kategori adalah bahwa ketika kamu memilih menu kategori untuk komponen tertentu, kamu diarahkan langsung kepada categories manager untuk komponen tersebut. Di sini, kamu perlu menekan tombol  hijau  New untuk menambahkan kategori.


Halaman ini persis sama dengan yang digunakan untuk kategori artikel - menambahkan Kategori Judul, Description(optional), dan tekan tombol Save.


That's it, kamu sekarang dapat menggunakan kategori baru untuk grup item komponen kamu.

Daftar Kategori pada halaman Joomla 3

Jika kamu ingin daftar kategori pada website kamu, kamu perlu menggunakan  Joomla Menu functionality. Pertama, tambahkan item baru ke menu, seperti yang sebelumnya kita lakukan di tutorial sebelumnya, kamu harus memilih jenis menu yang berbeda. Tapi hal pertama yang dilakukan. Pergi ke Menus -> Main Menu( atau menu lain di situs kamu) -> Add New Menu Item


Di sini, klik pada tombol Select sebelah Menu Item Type untuk memilih jenis menu yang ingin kamu tambahkan.


Untuk tujuan dari tutorial ini, kita akan menambahkan item menu, yang akan menampilkan semua kategori artikel kami sebelumnya yang telah ditambahkan. Untuk melakukannya, memperluas bagian Artikel tekan List All Categories.



Finally, memilih judul untuk item menu dan kategori tingkat Top yang ingin ditampilkan. Jika kamu ingin menampilkan semua kategori, pilih "Root". Jika kamu ingin menampilkan hanya sub-kategori, kategori tertentu Kamu perlu mengatur kategori top level. Akhirnya, tekan tombol Save di bagian kiri atas layar.


That's it, setelah kamu klik item menu Categories Menu, kamu akan melihat daftar semua kategori artikel. Selanjutnya untuk setiap kategori, kamu akan melihat nomor yang menunjukkan berapa banyak artikel termasuk kategori itu.









Sumber: siteground.com

0 komentar:

Posting Komentar